Sabtu, 28 Oktober 2017

why europe?

Assalamualaikum 😊

Hai guys jadi sekarang aku pengen berbagi tentang pengalamanku kemarin mulai dari prepare sampe pulang eropa, harapannya sih semoga bisa bermanfaat. Karena aku benar-benar ngerasain kemarin gimana butuhnya pengalaman orang lain untuk jadi gambaran gimana sih situasi dan keadaan disana, karena gimanapun buat menyiapkan kesana kita harus bener-bener matang dan butuh banyak referensi. Jadi semoga sedikit infomasi ini bisa kasih manfaat ke semua yang membutuhkan yaaa…

Selain itu ini cerita buat dokumentasiku sendiri sih, soalnya terlalu sayang kalo ga dituliskan, terlalu sayang semua pengalaman yang menurutku berharga ini terlewatkan dan ingatan-ingatan yang akan lenyap ditelan waktu.

Jadi aku pengen cerita mulai dari kenapa sih eropa, kenapa milih negara itu, bukannya harganya mahal, terus ngapain aja dll nya.

Jujur, sejak setelah dubai, kota yang benar-benar aku inginkan adalah Paris. Motivasi ku ingin kesana karena aku pengen liat menara eiffel secara langsung, aku pengen ngerasain romantisnya kota itu sekaligus aku pengen foto dengan menara indah itu. Tapi memang sulit kalo kita menentukan kota terlebih dahulu baru event yang akan diikuti, jadi waktu itu aku hanya berharap suatu saat pengen bisa menginjakkan kaki ke eropa, kenapa? Karena di eropa kita cukup sekali jalan, tapi bisa menjajaki berbagai negara disana, jadi hitungannya ya lumayan murah, karena ga perlu beli tiket pesawat berkali-kali hanya untuk ke negara lainnya, tapi cukup pake bus dan butuh hanya hitungan jam kita bisa sampe ke negara lainnya. Ya mungkin kalo di Indonesia kayak kita mau pergi dari jogja, ke Surabaya, atau k Jakarta yang hanya pake kereta api dan hanya butuh beberapa jam untuk bisa sampai kesana.

Berawal dari suatu obrolan yang kita sama-sama ingin pergi eropa, dan kita berencana untuk membuat suatu penelitian multidisiplin, karena kebetulan temen ngobrol itu berasal dari jurusan yang berbeda. Tapi bulan demi bulan, bahkan hampir setahun kita belum ada progress karena kesibukkan masing-masing. Kemudian, karena aku senengnya bertiga kalo pergi kemana-mana maka dari itu aku mengajak adik tingkat sejurusanku untuk penelitian Bersama. Nah, saat itu motivasiku jadi berubah, bukan negara yang penting, tapi hasil apa yang akan dibawa ketika pulang dari negara lain. Aku senang dan bersyukur dipertemukan dengan adik tingkat yang sangat berbakat, visioner, pintar, dan punya kepribadian yang menurut kita mirip sehingga kalo ngobrol kita nyambung dan nyaman. Selain itu motivasi ku juga adalah, aku pengen bisa menghasilkan sesuatu, mendapatkan suatu publikasi, hak paten yang itu tentunya butuh penelitian yang sesungguhnya dan akan memakan waktu lama.

Suatu hari kami bertiga kumpul di suatu tempat dan membicarakan kapan kita akan mulai penelitian ini dan memutuskan ide dan event apa yang kita targetkan untuk penelitian kita. Karena system kampus yang jika kita mengajukan proposal penelitian harus memiliki suatu event target yang sudah tertulis di proposal tersebut. Kebetulan saat kami ngobrol tentang project kami, ada seseorang teman kami yang mendengar dan ternyata dia dibutuhkan dan cocok sama project yang akan kita jalani. Akhirnya akhir dari pertemuan ini ialah, anggota kami bertambah menjadi 4 orang. Setelah itu kami sering mengadakan kumpul-kumpul selanjutnya untuk membicarakan progress dari project ini. Saat itu ialah musim UAS untuk anak-anak selain fakultas kedokteran, tapi alhamdulillah ternyata itu tidak mengacaukan progress penelitian ini, karena kami tau konsenkuensinya kami harus pintar memabagi waktu dan harus mengorbankan waktu istirahat kami, bahkan saat libur semester datang pun kami tidak merasakan libur semester itu karena harus menggeluti laboratorium setiap harinya untuk penelitian ini. 

Jadi penelitian ini kami mulai sejak awal desember tahun 2016 tanpa memperdulikan waktu libur, kuliah, ataupun lainnya. Tapi karena aku tipe orang yang kalau udah punya keinginan harus kecapai selagi bisa diusahakan, jadi ya semua yang sudah dikorbankan bukan masalah bagiku. Karena menurutku jika kita pengen sesuatu yang besar, maka harus besar pula pengorbanan kita untuk itu, dan ketika kita udah mendapatkannya semua pengorbanan besar itu akan terbayar dengan rasa puas dan rasa syukur yang sangaaat mendalam :”)

Event yang menjadi tujuan penelitian ini saat itu ialah Romania yang akan diselenggarakan pada bulan April. Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata penelitian kita belum selesai. Kecewa? Ya, karena saat itu kami berfikir kemana lagi tujuan event yang akan kita tagetkan, karena untuk mencari event ini yang menurut kami bergengsi ini agak sedikit sulit, karena informasinya yang tertutup dan tidak ada event terdekat lagi pada saat itu. Tapi Allah memang maha penyayang, tiba-tiba kami diinformasikan bahwa akan ada event di Polandia yang akan diselenggarakan pada bulan Juni, sehingga kami masih punya waktu untuk mempersiapkan semuanya. Deadline pengumpulan hasil project penelitian ini adalah bulan april, dan saat mendekati deadline kami digalaukan oleh informasi bahwa juga akan ada event yang sama di Morocco, yang jelas harga lebih murah untuk kesana begitu banyak pertimbangan-pertimbangan yang itu membuat kami sulit untuk memutuskan negara mana yang akan kami pilih untuk mendaftar. Akhirnya kami istkharah, dan alhamdulillah bismillah kami memutuskan untuk mendaftarkan project ini ke Polandia. Alasannya, menurut kami akan lebih bergengsi di Polandia, waktu lomba yang tepat dengan waktu libur lebaran karena saat itu dari pihak kampus tidak akan memberi izin sama sekali jika kita mengikuti lomba seperti itu yang tentunya bisa membuat kita gagal proses dan artinya kita harus mengulang di tahun yang akan datang dan membuat kita lulus mundur, itulah pertimbangan yang paling kuat dari kami sehingga memutuskan untuk k Polandia. Ternyata alhamdulillah lolos dengan biaya pendafataran yang tak terduga, karena alhamdulillah kami diberi rezeki mendapatkan special prize yang harganya bisa ¼ dari harga sebenarnya.


Setelah mendapat LoA kami langsung mengurus proposal permohonan dana, visa, persiapan untuk lomba disana, dan tentunya mematangkan penelitian kami.

selanjutnya silahkan dipostingan berikutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

warsawa :)

24 Juni 2017 Pagi ini kami telah sampai di kota yang berbeda, yaa kami sampai di warsawa, ibukota Polandia. Kedatangan kami di jemput ...